Tuesday, 22 Sep 2020


Kodim Klaten Manfaatkan Lahan Tidur di Nglinggi Untuk Program Ketahanan Pangan

Dandim Klaten Letkol Minarso saat meninjau lokasi lahan tidur di Desa Nglinggi, Rabu (3/6/2020).

WartaKita.org – Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Kavaleri Minarso meninjau langsung ke lokasi lahan tidur seluas 1,5 hektar di Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Rabu (3/6/2020).

Saat meninjau lokasi tersebut, Dandim Klaten akan manfaatkan lahan tidur tersebut untuk program ketahanan pangan Kodim 0723 Klaten. Saat ini, lahan tersebut sedang dibersihkan oleh personel Kodim Klaten.

“Kami sangat mendukung program Kementerian Pertanian RI dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Klaten. Salah satu caranya dengan membuka lahan tidur yang sudah bertahun-tahun tidak ditanami,” katanya.

Dandim Letkol Minarso menyatakan, lahan seluas 1,5 hektar ini akan ditanami padi jenis Inpari 33. Apalagi dengan melihat kondisi di lapangan dengan adanya saluran irigasi yang lancar yang memungkinkan untuk proses tanam padi.

Sementara itu Kades Nglinggi Sugeng Mulyadi mengatakan, lahan tersebut adalah tanah kas Desa Nglinggi dan sudah 8 tahun lebih tidak ditanami ataupun diolah karena keterbatasan akses menuju lokasi sawah.

Kades Sugeng Mulyadi menyampaikan, dengan adanya kemauan dan inisiatif dari Kodim Klaten untuk memanfaatkan lahan tersebut diharapkan dapat mensukseskan ketahanan pangan di Kabupaten Klaten. Selain itu, dapat memotivasi petani yang lain untuk lebih bersemangat dalam bercocok tanam.

“Terima kasih kepada Pak Dandim yang sudah bersedia untuk membuka lahan tidur kami. Semoga ke depan, lahan tersebut dapat bermanfaat bagi petani dalam melanjutkan proses tanam berikutnya,” ungkapnya.

Menurut rencana, lahan tersebut akan dibuatkan jalan menuju sawah oleh Kodim 0723 Klaten, sehingga proses pengolahan tanah hingga panen dapat berjalan lancar dan dapat meningkatkan nilai jual hasil panen. (L Sukamta/pendim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *