Monday, 25 Jan 2021


Kodim Klaten Dan Warga Bergotong Royong Tangani Tanggul Jebol Di Burikan

Dandim 0723 Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo saat mengecek kerja bakti penanganan tanggul jebol di Desa Burikan, Jumat (8/1/2021).

WartaKita.org – Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol Inf Joni Eko Prasetyo mengecek kerja bakti penanganan tanggul jebol di Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jumat (8/1/2021).

Kerja bakti diikuti oleh personel Kodim 0723 Klaten, Relawan Sungai Klaten, warga sekitar dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

Sekadar diketahui, tanggul tersebut jebol akibat hujan deras dan limpahan air sungai Dengkeng.

Saat berada di lokasi bencana, Dandim Klaten sangat prihatin dengan kondisi tanggul dan petani yang terdampak jebolnya tanggul tersebut.

Menurutnya, kejadian ini harus mendapat penanganan khusus dan cepat agar sawah petani tidak gagal panen. Seluruh unsur yang ada harus bersatu untuk mengatasi bencana tahunan yang sering melanda di Kecamatan Cawas ini.

“Kami berharap, warga dan petani tetap sabar. Karena tanggul yang jebol ini mulai ditangani oleh personel TNI, Polri, Pemerintah, relawan, serta warga dengan bergotong royong dan dibuat permanen,” kata Dandim.

Sementara itu Kades Burikan Surata membenarkan bahwa tanggul tersebut sering jebol pada saat musim penghujan. Petani juga sering gagal panen akibat jebolnya tanggul tersebut karena lahan sawah petani tergenang air.

Alhamdulillah, tanggul yang jebol akan dibuat dengan permanen. Semoga kedepan tidak akan jebol lagi,” harap Kades Burikan.

Penanganan tanggul jebol ini direncanakan akan dibuat dengan bangunan permanen, mengingat tanggul tersebut sering jebol. Akibatnya, wilayah Desa Burikan dan Karangasem sering terkena banjir ketika musim hujan akibat limpahan air dari Sungai Dengkeng. (L Sukamta/pdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *