Tuesday, 19 Nov 2019


Karena Vital, Warga Berharap Jembatan Talang Segera Diperbaiki

Inilah jembatan di Desa Talang yang ambles itu.

Wartakita.org – Akibat dihantam banjir beberapa waktu lalu, tiang penyangga jembatan Kali Dengkeng yang berada di Desa Talang,  Kecamatan Bawas, Kabupaten Klaten ambles hingga 1 meter. Jembatan tersebut merupakan jalur vital penghubung antara Kecamatan Bayat dengan Trucuk.

Camat Bayat Edy Purnomo menyampaikan, jembatan Kali Dengkeng yang berada di Desa Talang ini merupakan jembatan alternatif penghubung antarkecamatan, sehingga lalu lintas penggunanya cukup padat.

Namun, akibat dihantam banjir dan abrasi, tiang penyangga jembatan ambles hingga 1 meter. Badan jembatan juga turun dengan kemiringan antara 20 sampai 30 derajat.

“Meski demikian, warga tetap nekat melintas di atas jembatan tersebut karena jembatan itu merupakan jalur vital antar Kecamatan Bayat dan Trucuk. Namun warga harus ekstra hati-hati saat melintasi jembatan itu. Apabila terjadi banjir, warga setempat memasang tanda peringatan larangan melintas dengan bambu karena dirasa cukup membahayakan bagi para pelintas,” katanya.

Camat Edy Purnomo menambahkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Ia berharap, pada tahun 2018 ini, jembatan itu dapat segera dilakukan perbaikan karena merupakan jembatan vital penghubung antarkecamatan.

“Saya mengimbau warga agar ekstra hati-hati apabila melintas di atas jembatan tersebut terutama saat terjadi banjir. Karena jembatan tersebut sudah miring,” pesannya.

Untuk kelancaran arus sungai, maka walet atau sedimen yang ada di bawah jembatan juga sudah dibersihkan dengan alat berat. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *