Saturday, 18 Jan 2020


“Jumat Berkah” Di Panti Bakesos Muhammadiyah Klaten, Kapolres Disambut Lagu Tombo Ati

Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo membagikan nasi kotak ke pada para lansia penghuni Panti Asuhan Fakir Miskin atau Jompo Muhammadiyah Klaten, Jumat (10/1/2020) pagi.

WartaKita.org – Jajaran Polres Klaten mengunjungi Panti Asuhan Fakir Miskin atau Jompo Muhammadiyah di Kampung Krapyak, Desa Merbung, Kecamatan Klaten Selatan dalam Program Bakti Sosial (Baksos) “Jumat Berkah” pekan ke 10 pada Jumat (10/1/2020) pagi.

Kedatangan rombongan Kapolres Klaten di lokasi langsung disambut lagu Tombo Ati dari para penghuni panti yang semuanya berusia lanjut itu. Lagu tersebut rupanya sangat mengesan bagi Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo beserta istri.

Menurut Kapolres Klaten, lagu yang dinyanyikan dengan semangat itu mempunyai pesan yang besar.

“Tadi kami terharu saat disambut lagu Tombo Ati. Langsung membuat hati ini terasa ‘nyes’ (sejuk). Mengingatkan kita untuk selalu berbakti dan merawat orangtua kita. Kita jadi teringat, nantinya kita juga akan tua seperti simbah-simbah ini. Karena itu, jika kita merawat orangtua dengan baik, Insyaallah nanti kita juga akan dibalas dengan dirawat baik oleh anak-anak kita,” kata Kapolres.

Panti yang berada di bawah naungan Badan Kesejahteraan Sosial (Bakesos) Muhamadiyah Klaten ini bergerak di bidang amal dengan sasaran para lansia atau jompo. Saat ini ada sekitar 40 lansia yang mendapat santunan, 9 lansia dirawat di panti, dan sisanya dirawat di rumah masing-masing.

“Hari ini semuanya (lansia) hadir di panti, karena ingin bertemu dengan Pak Kapolres,” ujar salah satu pengurus Bakesos Muhamadiyah Klaten.

Kegiatan baksos ‘Jumat Berkah’ ini diawali dengan pemeriksaan gratis oleh Dokkes Polres Klaten. Kemudian pembagian sembako dan bahan kebutuhan panti.

Rombongan baksos ‘Jumat Berkah’ yang terdiri dari personel Polres Klaten, Kodim 0723/Klaten, unsur Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, pengurus Bhayangkari, Ormas Banser dan Kokam ini selanjutnya makan nasi kotak bersama.

Sementara itu Ketua Bhayangkari Cabang Klaten Ny Vivi Wiyono yang hadir mendampingi Kapolres berharap, kegiatan seperti ini semakin menciptakan kekompakan semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan membangun Klaten.

“Walaupun ada perbedaan pendapat, namun harus tetap rukun dan saling membantu,” haranya.

“Jumat Berkah” merupakan program baksos Polres Klaten yang dijalankan rutin setiap minggu. Dana yang digunakan adalah donasi atau infak dari anggota Polres Klaten yang dikumpulkan setiap hari Selasa dan Kamis seusai apel pagi. Hasil donasi selanjutnya disalurkan setiap hari Jumat bersama dengan instansi lain dan juga elemen organisasi kepada masyarakat kurang mampu ataupun masyarakat lain yang membutuhkan bantuan.

Kegiatan “Jumat Berkah” ini dilaksanakan di tingkat Polres dan Polsek. Setiap Polsek juga melaksanakan program Jumat Berkah bersama Koramil, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, dan juga ormas yang ada di wilayahnya. (L Sukamta/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *