Monday, 16 Sep 2019


Jelang Ramadhan, DPR Endang Bantu Masjid Dan Langgar

Endang Srikarti Handayani memberikan paket sembako kepada warga Desa Sorogaten, Rabu (2/5/2018).

Wartakita.org – Sebagai wakil rakyat, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) harus dekat dengan masyarakat. Anggota DPR harus hadir dan dapat meringankan beban hidup masyarakat yang diwakilinya.

Komitmen itulah yang terus dihidupi oleh Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Endang Srikarti Handayani (ESH). Karenanya, pada saat menjelang bulan Ramadhan ini, Endang melakukan banyak hal untuk membantu dan meringankan beban rakyat.

Pada Rabu (2/5/2018) pagi, Endang mengadakan pasar murah sembako di Desa Sorogaten, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Tak hanya itu, Endang juga memberikan bantuan ratusan juta rupiah untuk sejumlah desa di Kabupaten Klaten dan Boyolali.

“Wakil rakyat harus dekat dengan rakyat. Tak hanya dekat, wakil rakyat juga harus sering bersilaturahmi dengan masyarakat, membawa buah tangan untuk meringankan beban rakyatnya. Maka, kita adakan acara rutin, yaitu sembako hadir untuk rakyat seperti saat ini,” katanya.

Anggota DPR RI Komisi VI itu menyatakan, pada pasar murah sembako ini, pihaknya menyediakan ribuan paket sembako untuk warga Sorogaten. Setiap paket sembako terdiri dari 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, dan 1 kg gula pasir.

“Saat ini adalah masa prepegan. Karena masyarakat akan melaksanakan tradisi Sadranan. Dan juga, sebentar lagi masyarakat akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Karena itu, kita adakan pasar murah sembako di sini (Sorogaten). Semoga sembako bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh rakyat,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah V yang meliputi Kabupaten Klaten, Boyolali, Sukoharjo, dan Kota Surakarta ini juga memberikan bantuan ratusan juta rupiah untuk sejumlah desa. Bantuan tersebut digunakan untuk membantu tempat ibadah dan pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan gapura desa, betonisasi jalan desa, dan sebagainya.

“Menjelang puasa ini, kita memberikan bantuan untuk rehab tempat ibadah, seperti masjid dan langgar. Kita juga membantu karpet untuk masjid. Tujuannya agar masyarakat bisa melaksanakan ibadah puasa dengan baik. Bantuan ini merupakan hasil dari pasar murah sembako yang telah kita adakan di banyak tempat,” ujarnya.

Endang menjelaskan, sesuai dengan peraturan, setiap anggota DPR RI diberikan hak untuk melaksanakan kegiatan di luar sidang dengan kunjungan kerja. Maka, kesempatan itu digunakan Endang untuk mengunjungi rakyatnya.

“Selama mengunjungi masyarakat di Dapil V, saya mendapatkan banyak masukan dan juga keluhan dari rakyat, utamanya mengenai perhatian para wakil rakyat kepada masyarakat. Padahal, para anggota DPR (dan DPRD) itu bisa duduk di kursi legeslatif karena dipilih rakyat. Karena itu, di beberepa tempat yang saya datangi, banyak rakyat yang terkejut dengan kedatangan saya, dengan perhatian nyata yang saya berikan seperti sembako (murah), bantuan aspirasi, maupun program pemihakan lainnya,” terangnya.

Sedang Kepala Desa Sorogaten Hari Harsono mengaku senang dengan pasar murah sembako yang diadakan di desanya itu.

Alhamdulilah, warga kami antusias (menyambut pasar murah sembako ini) . Warga menerima dengan senang sekali. Apalagi, sebentar lagi masyarakat akan memasuki bulan Ramadhan. Pasar murah sembako ini benar-benar membantu warga kami,” ucapnya.

Sekadar informasi, Desa Sorogaten ini memiliki sekitar 1.100 kepala keluarga (KK). Wilayah Sorogaten terdiri dari 14 RT, 11 RW, 13 dukuh atau kampung, dan 2 Kadus. Sebagaian besar warga bekerja sebagai petani dan buruh. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *