Wednesday, 3 Jun 2020


Jelang Lebaran, Paguyuban Karangasem Bersatu Santuni 63 Anak Yatim Dan Dhuafa 

Paguyuban Karangasem Bersatu memberikan santuan kepada penerima, Minggu (17/5/2020).

WartaKita.org – Paguyuban Karangasem Bersatu menggelar kegiatan “Berbagi santunan untuk anak yatim dan kaum dhuafa” yang diadakan di Dukuh Karangasem, Desa Pacing, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Minggu (17/5/2020).

Paguyuban Karangasem Bersatu ini adalah paguyuban warga Dukuh Karangasem, Desa Pacing dan Dukuh Karangasem, Desa Dengkeng, Kecamatan Wedi yang tinggal di perantauan seperti di Jakarta, Bogor, Depok, Karawang, Bandung, dan lainnya.

Panitia kegiatan, Siti Muniroh menjelaskan, acara pemberian santunan ini sudah berjalan dua kali. Pada tahun 2019, pemberian santunan dilakukan bersamaan dengan acara halal bihalal.

“Tetapi karena pada Lebaran tahun 2020 ini warga perantauan tidak boleh mudik akibat pandemi covid-19, maka pemberian santunan dilakukan sebelum Lebaran. Biar bisa digunakan untuk belanja keperluan sehari-hari dan menyambut Lebaran,” katanya.

Siti Muniroh menyampaikan, pemberian santunan ini bertujuan untuk membantu anak yatim dan orang dhuafa. Total ada 63 anak dan orang dhuafa yang menerima santunan.

“Untuk orang dhuafa menerima santunan Rp 150 ribu. Sedang anak yatim menerima Rp 150 ribu dan peralatan sekolah, serta ditambah Rp 100 ribu dari Hamba Allah. Jadi, untuk anak yatim total menerima santunan Rp 250 ribu,” paparnya.

Pengurus Paguyuban Karangasem Bersatu dan panitia berfoto bersama.

Para penerima santunan ini sebagian adalah para orangtua yang anaknya terpaksa tidak mudik karena pandemi covid-19. Juga para janda yang sudah berusia tua dan mereka yang menjadi tulang punggung keluarga.

Prosesi penerimaan santunan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti cuci tangan dengan sabun dan air mengalir saat datang, menjaga jarak, dan memakai masker.

Mereka senang menerima santunan dari Paguyuban Karangasem Bersatu ini.

“Saya merasa senang dan mengucapkan terima kasih kepada Paguyuban Karangasem Bersatu yang telah memberikan santunan kepada saya. Santunan ini sangat bermanfaat bagi saya. Bisa untuk belanja keperluan sehari-hari dan menyambut Lebaran,” ucap Ny Warbiyem.

Total dana yang terkumpul dari Paguyuban Karangasem Bersatu tahun ini sejumlah Rp 11,3 juta.

Selain diberikan untuk santunan kepada anak yatim dan orang dhuafa, sisa dana tersebut rencananya akan dibelikan beras untuk zakat di 3 masjid, yaitu Masjid Al Mutaqin Karangasem, Masjid Jami’ Karangasem, dan Masjid Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Dengkeng. (L Sukamta/sm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *