Saturday, 24 Aug 2019


Jadikan Ikon Desa, Barepan Gelar Festival Gejok Lesung

Kades Barepan berfoto bersama Group Gejlog Lesung Wisanggeni (Glowing).

WartaKita.org – Pemerintah Desa (Pemdes) Barepan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten berkomitmen menjadikan kesenian Gejok Lesung sebagai ikon desa. Karena itu, Pemdes bersama masyarakat Barepan terus berupaya untuk melestarikan keberadaan kesenian Gejok Lesung ini.

Salah satunya dengan mengadakan Festival Gejog Lesung yang digelar di Balai Desa Barepan pada Minggu (14/7/2019) siang. Festival Gejog Lesung tahun 2019 ini diikuti 14 peserta.

Kepala Desa (Kades) Barepan Irmawan Andriyanto menjelaskan, Festival Gejog Lesung ini adalah program desa dalam rangka menjadikan kesenian Gejok Lesung sebagai ikon desa.

“Selama ini masyarakat Kabupaten Klaten tahu bahwa sentra Gejok Lesung itu ada di Desa Barepan. Maka kita ingin merawat dan melestarikan kesenian ini sebaik-baiknya. Caranya dengan mengadakan lomba (festival) dan selalu latihan. Festival Gejok Lesung yang kita adakan setiap tahun ini sebagai wadah bagi masyarakat untuk berkreasi dan berinovasi (dalam bermusik Gejok Lesung),” katanya.

Kades Irmawan Andriyanto menyampaikan, Festival Gejok Lesung ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, meningkatkan persatuan dan menjalin kerukunan warga, serta mencari relawan kesenian Gejok Lesung.Festival Gejok Lesung ini juga untuk melestarikan atau nguri-uri kesenian Gejok Lesung di Desa Barepan.

“Dalam Festival Gejok Lesung ini, setiap tim membawakan lagu wajib Mars Barepan Jaya dan beberapa lagu pilihan dengan durasi sekitar 10 menit. Sedangkan kriteria penilaiannya yaitu irama, harmonisasi, kareografi, dan kostum. Kita menyediakan hadiah uang pembinaan untuk juara 1 sebesar Rp 1 juta, juara 2 Rp 750 ribu, dan juara 3 Rp 500 ribu. Bahkan, yang tidak meraih juara pun juga kita beri penghargaan,” paparnya.

Ada yang membanggakan dalam Festival Gejok Lesung kali ini. Para generasi muda, dan bahkan anak-anak juga ikut tampil memeriahkan Festival Gejok Lesung.

Salah satunya adalah Group Gejlog Lesung Wisanggeni (Glowing) dari Dukuh Barepan Wetan. Mereka tampil semangat dan kreatif, sehingga mendapat sambutan yang luar biasa dari penonton.

Personil Glowing, Nova mengaku senang dan bangga bisa ikut tampil di Festival Gejok Lesung ini.

“Saya senang karena bisa ikut melestarikan seni budaya tradisional ini. Maka saya mengajak teman-teman yang lain untuk ikut bermain Gejok Lesung,” ucapnya.

Berdasarkan penilaian dewan juri, maka juara 1 diraih Group Glowing, juara 2 Group Pandanwangi, dan juara 3 Group Mekarsari 1. Sedang juara harapan 1 diraih Group IPPS, juara harapan 2 Group Tanjung Jaya, dan juara harapan 3 Group Arum Sari. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *