Saturday, 15 Dec 2018


Ingin Sehat Dan Bugar? Lakukan Aktifitas Fisik Minimal 30 Menit Setiap Hari

Peserta menandatangani komitmen pelaksanaan Germas di Kecamatan Bayat, pada Senin (3/12/2018)

Wartakita.org – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jateng bersama Dinkes Kabupaten Klaten dan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Kadarwati mengadakan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di obyek wisata Bukit Cinta, Desa Gunung Gajah, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten pada Senin (3/12/2018).

Kampanye Germas diisi dengan senam ringan bersama, makan buah, ceramah Germas oleh Camat Bayat Edy Purnomo, penyuluhan kesehatan dari Dinas Kesehatan, penandatanganan komitmen bersama untuk melaksanakan Germas, serta pemeriksaan kesehatan gratis.

Kampanye Germas diikuti sekitar 200 warga. Hadir dalam kampanye Germas ini diantaranya Anggota Komisi E DPRD Jateng Kadarwati, Anggota DPRD Klaten Komisi 3 Hamenang Wajar Ismoyo, perwakilan Dinkes Provinsi Jateng Sri Romdani SKM, perwakilan Dinkes Klaten dr Anggit Budiarto, Camat Bayat Edy Purnomo, para Kepala Desa di Kecamatan Bayat, Tim Penggerak PKK, warga, serta undangan lainnya.

Dalam sambutan, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Sri Romdani mengatakan, Germas ini meliputi enam kegiatan, yaitu aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, mengkonsumsi buah dan sayur, cek kesehatan secara berkala dan secara rutin, menjaga kebersihan lingkungan, menjaga jamban sehat, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi alkohol.

Nah, khusus untuk aktifitas fisik ini, kalau kita ingin sehat dan bugar, maka lakukanlah aktifitas minimal 30 menit setiap hari,” pesannya.

Sri Romdani menjelaskan, aktifitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang dapat meningkatkan pengeluaran tenaga atau energi. Ada 3 komponen utama dalam aktifitas fisik ini, yaitu aktifitas atau kegiatan sehari-hari, latihan fisik, dan olahraga.

“Dalam kegiatan sehari-hari, setiap orang melakukan berbagai aktifitas fisik, misalnya membersihkan rumah, mencuci, menyetrika, memasak, berkebun, mencangkul di sawah, naik-turun tangga, mencuci mobil, dan lain-lain. Berbagai aktifitas tersebut akan meningkatkan pengeluaran tenaga dan energi atau pembakaran kalori,“ terangnya.

Sedang Anggota DPRD Klaten Komisi 3 Hamenang Wajar Ismoyo menyambut baik diadakannya kampanye Germas di Bukit Cinta Gunung Gajah ini.

“Kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan seperti ini baik untuk dilakukan. Syukur kalau bisa diadakan secara rutin dan berkala. Saya berharap, semoga kampanye Germas ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Peserta melakukan senam ringan bersama.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Jateng Kadarwati menyampaikan, Pemerintah dan DPRD Provinsi Jawa Tengah terus berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Jawa Tengah. Salah satunya dengan kampanye Germas ini.

“Kami senang kalau masyarakat di Jawa Tengah itu sehat dan bugar. Dan untuk bisa sehat dan bugar, ternyata bisa dilakukan dengan cara atau kegiatan yang sederhana. Seperti rutin makan buah dan sayur, serta melakukan aktifitas minimal 30 menit setiap hari. Maka, mari kita dukung Germas ini, agar masyarakat Jawa Tengah menjadi sehat, bugar, dan produktif,” ajaknya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan penggalangan komitmen pelaksanaan Germas di Kecamatan Bayat. Mereka yang hadir berkomitmen untuk melaksanakan dan membudayakan Germas dalam hal satu, melakukan aktifitas fisik yan terukur dan teratur. Dua, mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Tiga, memeriksaaan kesehatan secara rutin. Empat, memberikan ASI eksklusif kepada bayi sampai usia 6 bulan. Lima, tidak merokok. Dan enam, fokus pada pencegahan dan penanganan stunting. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *