Monday, 6 Jul 2020


Hindari Kerugian, Peternak Sapi Diajak Ikut AUTS

Peternakan sapi (ilustrasi).

WartaKita.org – Kabar gembira bagi para peternak sapi di Kabupaten Klaten.

Untuk menghindari kerugian akibat ternak mati karena sakit atau bencana, maka peternak sapi bisa mendaftarkan ternaknya pada Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) yang diluncurkan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Klaten.

Staf Bidang Peternakan DPKPP Klaten, Idang Dwi K saat menjaga stand pelayanan AUTS pada Sambang Warga Bupati Klaten di Desa Jogosetran, Kecamatan Kalikotes, Rabu (11/3/2020), menyampaikan, Pemerintah berupaya mendukung kesejahteraan peternak sapi.

“Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Klaten berusaha untuk mengurangi adanya risiko kerugian peternak sapi yang ada di Kabupaten Klaten. Salah satunya dengan adanya asuransi sapi ini,” katanya.

Idang Dwi menambahkan, risiko atau klaim yang dijamin adalah sapi yang mati berdasarkan visum, sapi yang hilang atau kecurian, dan sapi yang mengalami gangguan reproduksi berdasarkan visum atau berita acara dari pihak yang berwenang. Peternak hanya perlu membayar premi Rp 40 ribu per tahun untuk sapi betina dewasa, dan Rp 200 ribu untuk sapi jantan dewasa.

“Untuk mendaftar asuransi ini sangatlah mudah. Peternak yang tergabung dalam kelompok tani atau ternak hanya perlu melengkapi formulir dan melampirkan foto hewan ternak, fotokopi KTP, dan nantinya akan ditinjau lokasi usaha ternak tersebut. Apabila pengajuan tersebut disetujui, maka akan segera dibuatkan tanda daftar,” jelasnya.

Idang menyebutkan, program AUTS ini sudah berlangsung sekitar 4 tahun. Meskipun demikian, program asuransi ini belum secara keseluruhan diikuti oleh peternak sapi di Klaten. Saat ini, baru beberapa peternak dari daerah Klaten di bagian utara yang telah mengikuti program ini.

“Beberapa kecamatan tersebut seperti Kecamatan Kemalang, Manisrenggo, Karangnongko, Jatinom, dan Tulung. Karena itu, dalam Sambang Warga ini, kami mempromosikan program AUTS pada masyarakat Kecamatan Kalikotes untuk ikut dalam asuransi ternak ini,” ujarnya.

Dalam Sambang Warga Bupati Klaten di Kecamatan Kalikotes ini, Pemerintah Kabupaten Klaten membawa berbagai pelayanan kepada publik menjadi lebih dekat. Beberapa pelayanan tersebut meliputi pelayanan kesehatan, administrasi, perpajakan, pendidikan, dan pelayanan pertanian atau peternakan oleh DPKPP Klaten.

Selain itu, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Kalikotes juga turut memamerkan produk unggulan mereka. (L Sukamta/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *