Monday, 24 Jun 2019


Hadapilah Ujian Dengan Senang, Jangan Stress…

Seminar pendidikan di SMP Maria Goretti Semarang, Sabtu (30/3/2019) pagi.

WartaKita.org – Sebanyak 108 murid Kelas IX SMP Maria Goretti Semarang mengikuti kegiatan Seminar Pendidikan di aula sekolah setempat di Jalan Imam Bonjol nomor 198 Semarang, Sabtu (30/3/2019) pagi.

Seminar pendidikan ini diselenggarakan oleh SMK Marsudirini Santo Fransiskus Semarang bekerja sama dengan Penerbit Erlangga. Tampil sebagai narasumber adalah Motivator Nasional Fajar Novianto.

Dalam sambutan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP Maria Goretti Semarang, Hermin mengucapkan terima kasih kepada SMK Marsudirini Santo Fransiskus Semarang yang turut terlibat dalam mempersiapkan murid Kelas IX SMP Maria Goretti Semarang dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) melalui kegitan try out dan seminar.

“Kami berharap, kegiatan seminar pendidikan ini bermanfaat bagi  siswa – siswi  Kelas IX SMP Maria Goretti yang akan melaksanakan UNBK dari hari Senin, 22 April sampai hari Kamis, 25 April 2019, sehingga anak-anak siap baik materi, fisik, maupun mental,” katanya.

Sedang perwakilan dari SMK Marsudirini SantoFransiskus Semarang, Natalia menyampaikan, rangkaian  kegiatan try out berbasis CBT dan seminar ini bertujuan untuk meperkenalkan SMK Marsudirini Santo Fransiskus lebih dekat kepada para murid SMP di sekitar sekolah.

“Selain itu juga membantu mempersiapkan siswa – siswi SMP dalam mempersiapkan materi UNBK tahun 2019. Dimana beberapa soal yang digunakan harus diselesaikan dengan  keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang disebut dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills),” ujarnya.

Natalia juga menambahkan, selain bekerja sama dengan Penerbit Erlangga, SMK Santo Fransiskus Semarang juga bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation di Jalan Arteri Soekarno Hatta Nomor 36 A Pedurungan, Semarang dalam mempersiapkan soal try out berbasis komputer.

Pelaksanaan try out berbasis komputer telah terlaksana secara bergelombang pada Sabtu (23/3/2019), Jumat (29/3/2019, dan Sabtu (30/3/2019) ini dikuti 157 siswa dari beberapa SMP di Semarang.

Seminar pendidikan dengan tema “Hadapi Ujian Dengan Senang, Tanpa Stress” ini disampaikan oleh Motivator Nasional Fajar Novianto.

Dalam seminar ini, peserta seminar diajak untuk bersama-sama mengubah pola pikir atau mindset mereka dengan berpikir “Make start from the ending”. Caranya dengan melakukan hal-hal yang positif, yaitu memperbanyak latihan soal, bergaul dengan teman yang positif, selalu mohon doa restu pada orangtua, dan terus mendekatkan diri pada Tuhan.

Para murid Kelas IX juga diajak untuk membangun masa depan mereka mulai dari sekarang. Mereka diajak membuka cakrawala yang lebih luas, agar mereka dapat memilih jembatan yang akan dilalui dengan mempertimbangkan kemampuan pribadi maupun kemampuan orangtua.

Mereka bisa  memilih melanjutkan ke SMA atau SMK sesuai dengan tujuan masing – masing untuk bekerja atau berwiraswasta atau melanjutkannya ke jenjang Perguruan Tinggi atau Universitas. Sehingga mereka bisa menghasilkan karya dan manfaat bagi semua orang karena setiap individu itu “Beda Isi Kepala, Beda Action, (dan) Beda Hasil”.

Fajar Novianto menyatakan, last but not at least. Semua yang ada itu diciptakan 2 kali. Pertama adalah ide. Dan Kedua adalah tindakan.

“Siswa–siswi  yang hebat itu mempunyai arah dan tujuan ke depan. Apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dilakukan akan menjadi program pikiran. Oleh karena itu, mereka harus mewujudkannya. Siswa–siswi Kelas IX SMP Maria Goretti Semarang harus mempunyai target nilai UNBK 100 pada setiap mata pelajaran yang diujikan. Dan itu akan menjadikan prestasi yang membanggakan untuk orangtua kalian,” paparnya.

Semoga terwujud dan sukses selalu!  (Natalia M dan Yo Sudarna, SMK Santo Fransiskus Semarang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *