Saturday, 18 Jan 2020


Gunakan Media Sosial Dengan Bijak

MEDIA SOSIAL adalah alat komunikasi online dimana orang dapat berbagi, berpartisipasi, dan menciptakan banyak hal tanpa harus dibatasi waktu.

Zaman sekarang sebagian besar orang memiliki media sosial seperti facebook, instagram, twitter, bahkan sms. Sebab media sosial membantu banyak orang untuk berkomunikasi satu sama lain.

Dengan media sosial orang dapat berkomunikasi dengan orang lain dari seluruh dunia. Karena media sosial memiliki jangkauan yang cukup luas. Dan tanpa harus bertemu, orang sudah bisa memiliki teman dan bertatap wajah melalui smartphone yang sudah didukung oleh kamera depan. Lalu orang bisa dengan mudah berbicara dengan banyak orang hanya dengan menggunakan media sosial.

Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi.

Pada tahun 1978, orang berkomunikasi menggunakan papan buletin yang berguna untuk mengunggah atau mengunduh dengan menggunakan sistem surat elektronik yang harus dihubungkan melalui koneksi internet.

Media sosial yang pertama yaitu sixdegree.com. Dan sampai pada akhirnya pada tahun 2004 muncullah Facebook yang pada saat itu sedang booming dan sampai sekarang masih banyak digunakan oleh sebagian orang.

Sebenarnya, ada banyak kelebihan dari media sosial. Tetapi sering disalah gunakan oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga menciptakan dampak buruk. Seperti informasi yang tidak diketahui kebenarannya sehingga banyak orang yang tertipu.

Media sosial dapat membuat seseorang kecanduan. Karena media sosial sangat luas sehingga kita bisa mengetahui apapun. Dampaknya, media sosial bisa membuat orang lupa waktu atau malas. Karena media sosial, kita bisa menjadi seorang yang pasif atau susah bersosialisasi. Sebab biasanya orang yang sudah kecanduan media sosial lupa dengan dunia nyata.

Karena media sosial, privasi kita tidak aman, sebab semua informasi pribadi bisa diketahui oleh hacker ataupun orang yang menciptakan aplikasi tersebut. Karena pencipta itulah yang menyimpan semua informasi tentang kita.

Ada isu tentang penjualan informasi seseorang untuk melakukan sesuatu yang jahat, dan sampai sekarang isu itu masih tersebar luas. Makanya kita harus pintar dalam menyimpan informasi kita walaupun kita bukan orang penting.

Di media sosial juga terdapat situs yang tidak bertanggung jawab dan bisa dibuka atau dibaca oleh semua orang yaitu situs pornografi.

Namun ada pula kelebihan media sosial, yaitu orang bisa mendapatkan teman baru atau koneksi dari mana saja, karena media sosial mencakup seluruh orang di dunia. Juga ketika kita memiliki suatu bisnis atau usaha, bisa dipromosikan dengan lebih mudah. Promosi menggunakan media sosial juga lebih hemat biaya serta hemat tenaga.

Melalui media sosial kita juga bisa mengetahui segala informasi yang terbaru tanpa harus melalui papan buletin.

Walaupun media sosial memiliki banyak kekurangan, tetapi terdapat pula hal positif yang dapat membantu pembelajaran dan juga dapat mencari informasi dengan cepat. Dengan media sosial orang dapat berbelanja dengan mudah seperti menggunakan aplikasi Lazada, Shopee, Tokopedia, dan lainnya. Dimana pun kita berada,sedang apapun kita, bisa berbelanja dengan mudah menggunakan smartphone.

Zaman sekarang mencari uang di media sosial cukup mudah. Melalui aplikasi youtube bisa menghasilkan uang yang cukup lumayan. Karena dengan meng-upload 1 video akan menghasilkan uang. Dengan media sosial pula, kita bisa berjualan dengan bebas dengan keuntungan yang cukup banyak.

Ada keuntungan lain di media sosial yaitu pertema, pesan yang dikirim tidak hanya untuk 1 orang saja. Karena pada zaman sekarang kita bisa membentuk grup dalam media sosial sehingga tidak perlu lagi mengirim satu per satu.

Yang kedua, pesan dikirim dalam hitungan detik. Dengan kecepatan internet yang bagus, pesan yang ingin dikirim oleh komunikator dapat cepat terkirim ke komunikan. Kalau pada zaman dahulu pesan harus dikirim dalam surat dan harus dikirim dahulu ke kantor pos dan itu terasa ribet. Tetapi dengan adanya kecanggihan zaman sekarang, orang lebih dimudahkan dalam berkomunikasi dan tidak perlu datang ke kantor pos lagi.

Media sosial bisa membantu banyak orang dalam mencari lowongan pekerjaan. Jadi mereka tidak perlu keliling untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Mereka hanya perlu mencari lewat smartphone karena sekarang sudah ada aplikasi khusus untuk mencari lowongan pekerjaan.

Media sosial juga berguna sebagai sarana refreshing. Karena di dalamnya terdapat banyak games dan aplikasi-aplikasi yang dapat me-refreshing otak dan dapat dipilih sesuai keinginan.

Dan yang terakhir, media sosial bisa mendekatkan yang jauh menjadi dekat.

Lalu, bagaimana cara menggunakan media sosial yang baik?

Cara menggunakan media sosial yang baik yaitu dengan memilih mana informasi yang perlu diterima dan mana yang tidak perlu. Lalu sebelum menerima informasi tersebut pastikan informasi itu terjamin dan benar adanya.

Kemudian carilah sesuatu yang sesuai umur dan hindari akun – akun yang negatif. Jangan pernah membagikan informasi pribadi kepada siapapun. Dan jangan memberi celah bagi hacker untuk mencuri informasi tentang kita.

Menurut saya, jangan terlalu sering menggunakan media sosial. Lebih baik melakukan hal yang berguna di rumah,tempat kerja maupun sekolah. Karena media sosial bisa membuat kita menjadi malas. Apalagi bagi mereka yang sudah kecanduan. Sehingga bisa membuat lupa apa yang seharusnya dikerjakan Walaupun banyak keuntungannya, tetapi media sosial juga banyak juga kekurangannya.

Sasya Wibisono

Mahasiswa Public Relations ASMI Santa Maria  Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *