Saturday, 19 Jan 2019


Dukung Pemerintah, PCNU Klaten Gelar Pekan Kesehatan NU

Warga Nahdliyin saat berdonor darah pada Pekan Kesehatan NU, Minggu (6/1/2019) pagi.

WartaKita.org – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Klaten menggelar Pekan Kesehatan NU 2019 di kantor Cabang NU Klaten di Jalan Raya Klaten – Solo Km 5, Jombor, Ceper pada Minggu (6/1/2019) pagi.

Dalam sambutan, Ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Klaten H Mujiburrahman menyampaikan, Pekan Kesehatan NU diadakan sebagai wujud khitmad Jam’iyyah NU kepada masyarakat, serta sebagai bentuk kepedulian sosial warga Nahdliyin pada gerakan donor darah. Selain itu, Pekan Kesehatan NU ini juga untuk mendukung upaya Pemerintah dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Kesehatan itu menjadi tanggung jawab Pemerintah dan seluruh elemen bangsa. Maka, kita harus saling bersinergi dalam mewujudkan masyarakat yang sehat. Karena jika masyarakat sehat, maka insya Allah perkembangan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi akan berjalan dengan baik,” katanya.

Karena itu, H Mujiburrahman meminta kepada seluruh komponen di NU harus bisa menjadi bagian dari pembangunan masyarakat. Sedapat mungkin, seluruh warga nahdliyin bisa menjadi manusia yang bermanfaat untuk sesama, sehingga akan diberikan keberkahan baik di dunia maupun di akherat nanti.

“Saya berharap pengobatan gratis kepada masyarakat yang dilakukan oleh Lembaga Kesehatan NU (LKNU)  Kabupaten Klaten kepada masyarakat ini terus dilakukan. Saya juga berharap, LKNU terus melakukan inovasi-inovasi dalam rangka melaksanakan program kerjanya, sehingga keberadaan LKNU Kabupaten Klaten benar-benar bermanfaat untuk masyarakat,” harapnya.

Sedang Panitia pelaksana Pekan Kesehatan NU yang juga Kabid Humas dan Hubungan Antar Lembaga LKNU, Budi Soelistya menjelaskan, Pekan Kesehatan NU merupakan kegiatan rutin dari LKNU dan PCNU Klaten sebagai kontribusi NU terhadap masyarakat.

“Selain untuk menumbuhkan sikap kepedulian sosial melalui donor darah, kegiatan ini juga diisi dengan penyuluhan dan pelayanan Keluarga Berencana (KB), penyuluhan kesehatan, serta pemeriksaan, dan pelayanan kesehatan yang meliputi pemeriksaan laboratorium, pengobatan, serta konsultasi medis,” terangnya.

Kegiatan Pekan Kesehatan NU ini diikuti oleh 95 peserta, baik yang mengikuti donor darah maupun yang mengikuti penyuluhan, pemeriksaan, dan pengobatan di kantor NU Klaten. Pekan Kesehatan NU ini akan diadakan rutin setiap 3 bulan sekali.

Selain itu, LKNU Klaten juga membentuk Bank Darah Nahdlatul Ulama (BDNU)  yang siap menjadi Center Relawan donor darah rutin maupun relawan yang sewaktu-waktu bisa dikoordinir oleh LKNU apabila dibutuhkan oleh masyarakat Klaten. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *