Saturday, 24 Aug 2019


Diduga Terjangkit DBD, Warga Desa Birit Tunggu Tindakan Dinas Kesehatan Klaten

Kades Birit Danang Witono

WartaKita.org – Sejumlah warga Desa Birit, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten belakangan ini diduga terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD). Setidaknya ada 7 warga dari tiga dukuh di desa tersebut yang terserang penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti itu.

Warga Dukuh Ngemplak, Desa Birit, Kristiani menyampaikan, belum lama ini anaknya, Angela Jessica Aurelia dinyatakan oleh dokter terjangkit DBD. Bahkan Angela terpaksa dirawat inap di sebuah rumah sakit swasta di Klaten selama beberapa hari.

Hal yang sama juga dialami Danu, warga Dukuh Ngemplak. Dia terpaksa dirawat inap di rumah sakit milik Pemerintah selama beberapa hari. Saat periksa di rumah sakit tersebut, dokter menyarankan dia untuk rawat inap karena gejala-gejalanya mendekati DBD.

Wargapun lalu melaporkan kejadian ini kepada Kepala Desa Birit Danang Witono. Warga berharap, segera ada tindakan nyata dari pihak terkait untuk mencegah meluasnya serangan DBD.

Sementara itu Kades Birit Danang Witono saat ditemui di kantor desa setempat pada Rabu (3/7/2019) membenarkan, pihaknya sudah dilapori oleh sejumlah warga mengenai DBD itu. Dia juga sudah melaporkan hal itu kepada pihak terkait (Dinas Kesehatan).

“Kami sudah melaporkan hal (DBD) itu. Dan oleh petugas dijawab untuk mendata (warga yang terjangkit DBD) dulu. Setelah itu baru akan da tindakan selanjutnya,” katanya.

Danang Witono berharap, Dinas Kesehatan segera melakukan tindakan nyata untuk mencegah meluasnya DBD.

“Kita ya menunggu dulu (tindakan dari Dinas Kesehatan). Kalau tidak ada tindakan, kita akan lakukan tindakan mandiri. Karena kasihan warga. Dan juga agar tidak semakin banyak warga Birit yang terjangkit DBD,” ucapnya. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *