Monday, 6 Jul 2020


Di Rikkes Berkala, Dokkes Polda Jateng Beri Penyuluhan Pencegahan Virus Corona

Tim Dokkes Polda Jateng saat memberikan penyuluhan terkait pencegahan virus corona di gedung Klasis Klaten, Senin (9/3/2020).

WartaKita.org – Pemeriksaan kesehatan (rikkes) berkala bagi personel Polres Klaten dan Polsek jajaran tahun 2020 digelar di Gedung Klasis Klaten, Senin (9/3/2020).

Kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Dokkes Polres Klaten dan Tim Bid Dokkes Polda Jateng yang diketuai oleh  AKBP M Kusnan Marzuki dan didampingi Kompol drg. Rohmanus Widi ini bekerjasama dengan Lab Kualita Medica.

Para petugas mengecek kondisi kesehatan personel Polres Klaten melalui pemeriksaan darah, urine, rontgen, EKG/Treadmil, pemeriksaan gigi, dan fisik.

Ketua Tim Bid Dokkes Polda Jateng AKBP M Kusnan Marzuki mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi personel Polri merupakan hal yang sangat penting. Karena dapat memonitor status kesehatan dan bisa mendeteksi penyakit lebih dini.

“Selain bermanfaat untuk anggota atau keluarganya, rikkes ini juga berhubungan dengan dinas. Semakin sehat personel Polri, maka akan semakin optimal juga dalam bekerja melayani masyarakat,” katanya.

AKBP M Kusnan Marzuki menyampaikan, belakangan ini banyak kejadian orang meninggal karena iskemik atau penyempitan pembuluh darah arteri jantung. Sebenarnya, mereka ini masih bisa diselamatkan jika saja mereka tahu kondisi jantungnya dan segera melakukan pemasangan ring.

“Kami berharap, rikkes ini agar dimanfaatkan dengan benar untuk kebaikan anggota itu sendiri dan juga dinas,” ujarnya.

Selain mendampingi pemeriksaan kesehatan, Tim Dokkes Polda Jateng juga memberikan penyuluhan terkait pencegahan virus corona.

Dalam penyuluhan AKBP M Kusnan Marzuki mengimbau kepada personel Polres Klaten agar menyikapi pemberitaan mengenai penyebaran virus corona di media sosial dengan tenang dan bijak. Dia meminta personel Polres Klaten untuk ikut menyejukkan suasana.

“Virus corona ini sebenarnya tidak ada masalah. Di Indonesia yang suhunya tinggi, virus corona ini akan mati di suhu 26-27 derajat celcius. Apalagi penyebaran virus corona tidak melalui udara. Secara ukuran virus corona juga besar, yaitu sekitar 400-500 micron, sehingga masker merk apapun juga tidak tembus,” paparnya.

Sebagai tindakan pencegahan, AKBP M Kusnan Marzuki mengingatkan agar seluruh personel Polres Klaten untuk senantiasa berpola hidup sehat. Makanan yang dilarang dalam agama agar ditaati. Dan seringlah mencuci tangan.

Dalam rikkes ini terlihat personel Polres Klaten mulai dari para Pejabat Utama hingga jajarannya sangat antusias mengikuti tahapan demi tahapan pengecekan kesehatan. Mereka diharuskan berpuasa malam hari sebelumnya mulai pukul 22.00 hingga sampel darah diambil oleh petugas laboraturium. (L Sukamta/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *