Tuesday, 19 Nov 2019


Di “Jumat Berkah”, Jajaran Polres Dan Kodim Klaten Gelar Baksos Bantu Warga Tak Mampu

Keluarga besar Polres Klaten dan Kodim Klaten saat bakti sosial di panti asuhan Siwi Mekar Gayamprit, Jumat (8/11/2019).

WartaKita.org – Keluarga besar Polres Klaten bersama Kodim/0723 Klaten dibantu organisasi kemasyarakatan (ormas) Banser dan Kokam menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) “Jumat Berkah” berupa pemberian santunan kepada masyarakat yang tidak mampu di beberapa lokasi pada Jumat (8/11/2019).

Kegiatan baksos dipimpin langsung oleh Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo dan Komandan Kodim/0723 Klaten Letkol Kav Minarso didampingi Ketua Bhayangkari dan Persit Cabang Klaten.

Kegiatan diawali dengan mengunjungi Panti Asuhan dan Yayasan Pemeliharaan Bayi Terlantar (YPBT) Siwi Mekar yang terletak di Jalan Wijaya Kusuma Kelurahan Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan.

Rombongan dari Polres Klaten dan Kodim Klaten disambut dengan girang oleh anak-anak panti yang rata-rata masih berusia balita itu. Mereka terlihat senang bisa bertemu polisi dan tentara berseragam lengkap, hingga berebut untuk menyalami, bahkan ada anak yang minta digendong.

Di panti asuhan yang saat ini mengasuh 50 anak terlantar tersebut, rombongan menyerahkan bantuan sembako, susu, makanan ringan untuk anak-anak, serta kebutuhan tidur berupa kasur, bantal, dan guling. Bantuan tersebut diterimakan secara simbolis kepada Ketua YPBT Siwi Mekar Sri Rejeki.

“Kami sangat terharu. Baru kali ini Pak Dandim dan Pak Kapolres bareng-bareng ke sini. Terima kasih sekali,” ucap Sri Rejeki dengan mata berkaca-kaca.

Sri Rejeki menyatakan, bantuan yang diberikan Polres dan Kodim ini sangat membantu operasional panti asuhan. Menurutnya, meski panti asuhan ini sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah, namun belum bisa menutup semua kebutuhan.

“Sehingga kami harus membuka beberapa usaha ataupun menerima bantuan dari donatur. Seperti kuliner, catering, pangkalan gas, penyewaan pakaian pengantin, pakaian adat, dan lainnya,” katanya.

Karenanya, sebelum rombongan meninggalkan panti asuhan, Ketua Bhayangkari Cabang Klaten Ny Vivi Wiyono dan Ketua Persit Cabang Klaten Ny Lilik Minarso mengajak rombongan untuk membeli berbagai jajanan kuliner yang dijual di depan panti asuhan itu. Dan dalam sekejap, dagangan tersebut langsung habis.

“Monggo dilarisi usaha dari panti asuhan Siwi Mekar ini untuk membantu adik-adik kita,” ajak Ny Vivi Wiyono dan Ny Lilik Minarso.

Selesai di lokasi pertama, rombongan kemudian melanjutkan ke lokasi kedua yaitu di Masjid Agung Al Aqsa Klaten. Di lokasi kedua, rombongan mengumpulkan para pengamen dan tukang becak yang sering mangkal di sekitar simpang Masjid Al Aqsa. Mereka kemudian diberi nasi kotak untuk dimakan bersama.

Setelah itu, bagi mereka yang beragama Islam mendapatkan tausiah dari ormas Banser dan Kokam agar jangan pernah melupakan sholat.

Tak ketinggalan, Kapolres dan Dandim juga memberikan pesan agar para pengamen dan tukang becak ikut menjaga keamanan di sekitar lingkungannya.

Kegiatan ditutup dengan pembagian sarung untuk sholat.

Kepada awak media, Kapolres Klaten menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial “Jumat Berkah” ini akan dilaksanakan secara rutin seminggu sekali dan dilakukan serentak, mulai dari tingkat Polres hingga Polsek. Dengan kegiatan “Jumat Berkah” ini diharapkan personel menjadi terbiasa untuk bersodaqoh, kemudian masyarakat bisa terbantu, dan ikut berpartisipasi dengan Pemerintah dalam berbagai hal.

“Ini kegiatan perdana. Ke depan, anggota Polres dan Kodim Klaten akan kita ajak untuk bersodaqoh pada setiap hari Senin dan Kamis. Dan hasilnya akan kita salurkan kepada masyarakat yang tidak mampu pada setiap hari Jumat melalui kegiatan Jumat Berkah. Untuk Polsek dan Koramil juga akan melaksanakan secara serentak di wilayah masing-masing bersama-sama organisasi masyarakat yang ada,” paparnya.

Kapolres Klaten menambahkan, kegiatan Jumat Berkah ini menyasar kepada masyarakat yang tidak mampu dan komunitas jalanan untuk dibina dan diajak sholat bagi mereka yang beragama Islam. Untuk itu dalam hal dakwah, pihak Polres dan Kodim melibatkan ormas Islam untuk memberikan tausiah dan lainnya.

Sementara itu, pengurus Kokam Klaten Basuki dan Biro Giat Banser Klaten Muh Syaifuddin menyambut baik kegiatan Jumat Berkah ini.

“Kami dari Kokam dan Banser Klaten sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pak Kapolres dan Pak Dandim berupa pemberian santunan kepada masyarakat kurang mampu ini. Nantinya kami juga siap mendukung kegiatan mingguan ini untuk bertemu komunitas jalanan dan memberi pembinaan,” ujarnya. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *