Monday, 16 Sep 2019


Di HUT Bhayangkara ke 73, Polres Klaten Luncurkan 3 Aplikasi Layanan Kepolisian

Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi berfoto bersama jajaran Polres Klaten, Rabu (10/9/2019).

WartaKita.org – Polres Klaten mengadakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  Bhayangkara ke-73 Tahun 2019 di Alun-Alun Klaten pada Rabu (10/9/2019) pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Bupati Klaten Sri Mulyani.

Dalam amanat yang dibacakan Bupati Klaten Sri Mulyani, Presiden Joko Widodo meminta Polri untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, dan cepat. Menurut Presiden, upaya tersebut sudah berbuah dengan meningkatnya kepercayaan publik terhadap aparat kepolisian.

“Tingkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum serta memberikan rasa adil kepada masyarakat,” pesan Presiden.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi atas peningkatan indeks reformasi birokrasi dan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk Polri.

“Saya menginginkan agar Polri memperkuat koordinasi dengan lembaga, TNI, kementerian, pemerintah daerah, serta masyarakat dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial,” ajak Presiden.

Usai upacara dilanjutkan dengan syukuran peringatan HUT  Bhayangkara ke-73 Tahun 2019 di Gedung Sunan Pandanaran Komplek RSPD Klaten.

Dalam kesempatan ini, Polres Klaten meluncurkan 3 aplikasi layanan kepolisian berupa pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), dan Traffic Accident Service (TAC).

Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi mengatakan, peluncuran aplikasi ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan Nawacita Presiden dimana Polri harus hadir ditengah masyarakat dengan meningkatkan komitmen pelayanan kepolisian.

“Aplikasi yang kita luncurkan ini menggunakan beberapa program yang bisa di-download secara gratis. Dengan aplikasi ini masyarakat akan mendapatkan berbagai kemudahan. Misalkan untuk pengurusan SKCK. Masyarakat ke Polres tinggal menyebutkan nomor pendaftarannya dan nunggu beberapa saat saja. Setelah itu, pemohonsudah bisa mendapatkan SKCK. Sehingga aplikasi ini diharapkan mampu memangkas birokrasi dan antrian mengular di Polres Klaten setiap harinya,” ucap Kapolres.

Sedang Kasatlantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugrah Rachman menyatakan, aplikasi Traffic Acident Service (TAC) ini sudah terkoneksi secara online antara Polri (dalam hal ini Satlantas Polres Klaten) dengan jajaran PTJasa Raharja, Jasa Raharja Putra, BPJS Ketenagakerjaan, dan pihak rumah sakit.

“Keuntungan aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam pengurusan asuransi atau santunan. Yang dulu, korban laka harus ribet kesana kemari. Kini dengan aplikasi itu, pihak keluarga korban yang tertimpa musibah tidak perlu lagi ribet soal pengurusan asuransi atau santunan. Cukup meng-upload foto korban. Nanti petugas yang akan mendatangi ke rumah sakit atau dilokasi lakalantas. Keterangan yang di-uploaditu juga otomatis termonitor Jasa Reharja,” jelas Bobby. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *