Sunday, 15 Dec 2019


Di Buntalan, Orangtua Menabung Sampah Untuk Membantu Operasional Posyandu

Warga menabung sampah layak di Posyandu Buntalan, Sabtu (10/8/2019) pagi.

WartaKita.org – Kegiatan Posyandu bersama di Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten diadakan di balai kelurahan setempat, Sabtu (10/8/2019) pagi.

Pada kesempatan itu, ibu balita hadir membawa Kartu Menuju Sehat (KMS), wadah Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan sampah layak tabung.

Bidan Kelurahan Buntalan Tina Farida Moestofa menyampaikan, dalam kegiatan itu, di meja 1 (pendaftaran) balita didaftar. Kemudian, ibu balita  menyerahkan sampah. Sampah ditimbang dan dicatat dibuku rekening sesuai alamat Posyandu.

Selanjutnya di meja 2, balita ditimbang berat badan (BB) dan diukur tinggi badan (TB) dan lingkar kepala (LK). Berikutnya, di meja 3 (pencatatan), hasil dari semua pengukuran tersebut dicatat di Sistem Informasi Posyandu dan KMS.

Setelah itu, di meja 4 (penyuluhan), Balita diberi Vitamin A dan obat cacing  sesuai umur, serta pemeriksaan yodium garam yang dibawa dari rumah. Kemudian di meja 5 (penyuluhan), balita yang bermasalah diberi komunikasi, informasi, edukasi (KIE) oleh petugas. Selanjutnya, semua balita diberi PMT dan pulang.

“Ada yang menarik dalam kegiatan Posyandu di Kelurahan Buntalan ini. Ibu balita diminta membawa sampah layak tabung dari rumah. Kemudian, sampah tersebut ditimbang dan dicatat. Hasil tabungan sampah ini dibuatkan rekening per Posyandu. Dan hasil tabungan digunakan untuk operasional Posyandu, salah satunya pembelian PMT,” katanya. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *