Wednesday, 3 Jun 2020


Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemdes Kalikebo Dan Relawan Semprotkan Disinfektan

Jajaran Pemdes Kalikebo dan para relawan berfoto bersama sebelum melakukan penyemprotan disinfektan, Senin (23/3/2020).

WartaKita.org – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) pada Senin (23/3/2020).

Gerakan massal penyemprotan disinfektan ini dilakukan di 26 kecamatan hingga seluruh desa/kelurahan, dukuh/kampung, RW dan RT.

Jajaran Pemerintah di semua tingkatan bersama TNI, Polri, relawan, dan masyarakat turun langsung menyemprotkan disinfektan ke berbagai fasilitas umum, seperti kantor Pemerintah, sekolah, gedung serbaguna, tempat ibadah, dan lainnya.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Kalikebo, Kecamatan Trucuk.

Saat itu, Kepala Desa (Kades) Kalikebo Purwanto mengkoordinir puluhan relawan yang tergabung dalam Resbek (Relawan Siaga Bencana Kalikebo) menyisir tempat strategis seperti balai desa, gedung serbaguna, masjid, sekolah, pos kesehatan desa, rumah warga, dan lainnya untuk disemprot disinfektan.

Kades Purwanto menjelaskan, penyemprotan disinfektan ini menindaklanjuti instruksi dari Pemkab Klaten dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona. Karenanya, Pemdes Kalikebo melakukan penyemprotan disinfektan secara swadaya. Sedang cairan disinfektan diramu sendiri atas petunjuk petugas kesehatan. Sementara itu, bahan cairan dibeli dari toko.

“Penyemprotan disinfektan ini sebagai salah satu langkah kewaspadaan dan menjalankan prosedur pencegahan yang dianjurkan oleh Pemerintah Kabupaten untuk mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan Desa Kalikebo,” katanya.

Purwanto menambahkan, Pemdes Kalikebo juga telah melakukan upaya lainnya dalam mencegah penyebaran virus Corona. Diantaranya dengan menyediakan hand sanitizer di balai desa, edukasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dan lainnya.

Kegiatan penyemprotan disinfektan ini ditanggapi baik oleh masyarakat setempat.

“Kami sangat mendukung kegiatan penyemprotan disinfektan ini. Karena kegiatan penyemprotan disinfektan ini sebagai langkah pencegahan penyebaran virus korona,”ucap warga Desa Kalikebo. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *