Saturday, 24 Aug 2019


Cegah Korupsi Dan Kolusi, PN Klaten Soft Launching Asisten Virtual PTSP

Ketua Pengadilan Negeri Klaten Albertus Usada (pegang mic) saat soft launching Asisten Virtual Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada Jumat (5/7/2019).

WartaKita.org – Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Klaten melakukan soft launching Asisten Virtual Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada Jumat (5/7/2019).

Asisten Virtual PTSP ini merupakan gagasan dari Ketua Pengadilan Negeri Klaten Albertus Usada yang kemudian dibuat oleh Tim Unit Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tim TU-TIK ) PN Klaten.

Ketua Pengadilan Negeri Klaten Albertus Usada menjelaskan, Asisten Virtual PTSP adalah inovasi pelayanan publik Pengadilan Negeri Klaten terhadap masyarakat yang berfungsi untuk mendapatkan informasi dan layanan yang mudah, cepat, responsif, dan gratis.

“Masyarakat cukup mengirim pesan melalui whatsapp (WA). Segala permintaan informasi dan layanan akan dibalas dengan automatis Asisten Virtual PTSP,” katanya.

Albertus Usada menyatakan, Asisten Virtual PTSP bukan layanan  yang menggunakan operator manusia. Asisten Virtual PTSP bekerja dengan sistem Artifisial Inteligent (AI).

“Walaupun bisa dibilang sederhana, namun Asisten Virtual PTSP ini diharapkan sudah mampu menjawab segala kebutuhan informasi dan layanan yang diinginkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Albertus mengatakan, inovasi Asisten Virtual PTSP ini masih dalam versi Beta. Meski begitu, aplikasi ini bisa belajar sendiri. Dengan maksud apabila ada layanan yang tidak bisa dijawab, Asisten Virtual PTSP akan meneruskan pertanyaan ke administrator dan akan ditindaklanjuti untuk kemudian akan dijawab sesuai dengan kebutuhan informasi yang diinginkan masyarakat.

“Dengan demikian ketika di masa mendatang ada yang menanyakan atau meminta informasi yang sama, Asisten Virtual PTSP sudah bisa menjawab dengan sendirinya. Sehingga semakin hari dan semakin lama, Asisten Virtual PTSP ini akan semakin pintar dan mampu menjawab dan melayani segala permintaan informasi dan layanan yang diminta oleh masyarakat,”paparnya.

Dia menerangkan, untuk bertanya ke Asisten Virtual PTSP, masyarakat cukup mengirim pesan ke nomor whatsapp (WA) 085959597996. Layanan Asisten Virtual PTSP ini adalah 24 jam kali 7 hari dalam 1 minggu.

“Asisten Virtual PTSP ini memilih whatsapp karena sudah familier di masyarakat. Sebagian besar pengguna Android juga menggunakan layanan ini, dan tidak banyak iklan didalamnya,” ucapnya.

Albertus Usaha menambahkan, dengan aplikasi Asisten Virtual PTSP ini PN Klaten ingin menjawab dan melayani permintaan informasi seperti mengenai perkara. Misalnya jadwal sidang, status perkara terakhir, amar putusan, denda tilang dan lainnya.

“Intinya, kita ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, untuk menghindari tatap muka secara langsung dengan person, sehingga bisa mencegah tindak korupsi dan kolusi. Kita juga ingin menjawab tantangan perkembangan teknologi dalam melayani masyarakat,” tandasnya. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *