Tuesday, 22 Sep 2020


Bersiap Masuki New Normal, Polsek Bayat Canangkan Pundungrejo Sebagai Kampung Siaga Covid-19

Jajaran Polsek Bayat, Muspika, dan Pemdes Jarum berfoto bersama saat pencanangan kampung siaga covid-19, Rabu (3/6/2020).

WartaKita.org – Polsek Bayat, Polres Klaten mencanangkan Dukuh Pundungrejo, Desa Jarum, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten sebagai “Kampung siaga antisipasi virus corona atau covid-19” pada Rabu (3/6/2020) pagi.

Pencanangan kampung siaga covid-19 ini untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran covid-19, serta sebagai kampung pelopor penerapan new normal.

Kapolsek Bayat Iptu Suharto menyampaikan pencanangan kampung siaga covid-19 ini merupakan tindak lanjut dari arahan dan perintah pimpinan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan memberdayakan masyarakat.

“Penyebaran covid-19 ini sangat cepat. Bahkan di negara maju dengan standar kesehatan yang tinggi baik dari segi peralatan maupun kesadaran masyarakatnya pun ikut terdampak. Dengan kondisi masyarakat Indonesia yang dikenal lebih guyub rukun dan suka berkumpul menjadi tantangan tersendiri didalam memutus mata rantai penyebaran covid-19,” katanya.

Iptu Suharto menjelaskan, pemilihan Pundungrejo sebagai kampung siaga covid-19 ini karena di dukuh tersebut dinilai sudah cukup baik dalam mempersiapkan prosedur dan sarana prasarana penanganan covid-19.

Mereka juga memberlakukan standar operasional prosedur (SOP) kepulangan perantau, penyiapan rumah isolasi, gerakan wajib masker, penyiapan tempat dan alat cuci tangan di depan rumah, isolasi mandiri untuk setiap pendatang, serta kesiapan relawan desa.

“Dengan memiliki kampung siaga covid-19 ini warga mulai bersiap untuk menerapkan pola kehidupan baru atau dikenal dengan sebutan new normal,” ujarnya.

Iptu Suharto menambahkan, Polsek Bayat menggandeng seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat dalam pencanangan kampung siaga covid-19 ini.

“Hal ini untuk menumbuhkan kesadaran bersama dalam menjaga pola hidup bersih dan sehat. Sehingga diharapkan, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawsan (PDP) di wilayah Bayat khususnya dan Klaten pada umumnya tidak bertambah,” harapnya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Jarum Iswanta menyambut baik pemilihan Dukuh Pundungrejo sebagai kampung siaga covid-19 oleh Polsek Bayat.

“Kami merasa senang dan menyambut baik (kampung siaga covid-19 ini). Prinsipnya, kami siap mendukung kampung siaga covid-19 ini dengan mengerahkan berbagai potensi dan sumber daya yang ada di Desa Jarum,” ucapnya. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *