Saturday, 15 Dec 2018


Belajar Menjaga Kerukunan, FKUB Kabupaten Sintang, Kalbar Studi Banding di Klaten

Para pejabat Klaten, pengurus FKUB Klaten dan FKUB Sintang berfoto bersama, Senin (3/12/2018).

Wartakita.org – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mengadakan studi banding ke Kabupaten Klaten pada Senin (3/12/2018).  Rombongan FKUB Sintang dipimpin Wakil Bupati Sintang Askiman.

Rombongan FKUB Sintang diterima Bupati Klaten Sri Mulyani yang diwakili Sekda Klaten Jaka Sawaldi di Ruang B1 Sekretariat Daerah (Setda) Klaten. Tampak menyambut kunjungan rombongan FKUB Sintang antara lain Ketua FKUB Klaten Syamsudfin Asrofi beserta sejumlah pengurus FKUB Klaten lainnya.

Dalam sambutan selamat datang, Sekda Klaten Jaka Sawaldi menyampaikan, penduduk Klaten hampir 1,5 juta jiwa. Kabupaten Klaten di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Sleman DIY,  sebelah selatan dengan Kabupaten Gunungkidul DIY,  sebelah timur dengan Kabupaten Sukoharjo dan sebelah utara dengan Kabupaten Boyolali.

“Klaten merupakan kabupaten yang berada di tengah-tengah antara dua kota budaya, yaitu Solo dan Jogjakarta.  Selama ini, warga Klaten hidup rukun, meski warganya mempunyai keyakinan dalam beragama yang berbeda-beda,” katanya.

Sekda Klaten Jaka Sawaldi menyatakan, berkat kerja keras FKUB Klaten dalam rangka menjaga toleransi dan menjaga kerukunan umat beragama, maka masyarakat Klaten dapat hidup rukun dan berdampingan.

“Kami berharap, dengan kunjungan FKUB Kabupaten Sintang di Klaten ini dapat menjadi sarana tukar informasi dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama,” harapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Sintang Askiman mengucapkan terima kasih kepada Bupati Klaten beserta jajarannya dan FKUB Klaten yang telah menerima dengan baik kunjungan FKUB Sintang di Klaten ini.

“FKUB Sintang datang ke Klaten untuk belajar bagaimana caranya menjaga kerukunan umat beragama di tengah kemajemukan dan perbedaan yang ada. Sehingga dengan suasana kerukunan umat beragama,  dapat menjadi sarana terwujudnya berbagai program pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Turut dalam kunjungan tersebut, Ketua FKUB Kabupaten Sintang Khalidul Mufied beserta jajarannya dengan jumlah rombongan sebanyak 32 orang.

Turut mendampingi Sekda Klaten Jaka Sawaldi dalam menyambut rombongan FKUB Sintang ini antara lain Asisten I Sekda Klaten Rony Roekmito, Staf Ahli Bupati Joko Wiyono, Kabag Humas Wahyudi Martono, dan sejumlah pejabat lainnya.

Pada acara tersebut juga dilakukan dialog antara FKUB Klaten dan FKUB Sintang dan ditandai pemberian cinderamata. Rombongan FKUB Sintang dijadwalkan mengadakan ramah tamah dengan Bupati Klaten Sri Mulyani di rumah dinas Bupati Klaten pada Senin (3/12/2018) malam. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *