Monday, 16 Sep 2019


Aplikasi Desa Digital Permudah Masyarakat Mengakses Layanan Publik

Bupati Klaten Sri Mulyani berfoto bersama usai launching aplikasi desa digital Kecamatan Karanganom di halaman Kantor Desa Kunden, Rabu (11/9/2019).

WartaKita.org – Festival Dana Desa dan launching aplikasi desa digital Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten tahun 2019 diadakan di halaman Kantor Desa Kunden, Kecamatan Karanganom, Rabu (11/9/2019).

Festival Dana Desa ini merupakan wujud kerja Pemerintah Desa dalam mengelola, melaksanakan, serta memberikan informasi secara lengkap atas kerja nyata, prestasi, penggunaan dana desa dan pertanggung jawabannya kepada masyarakat.

Rangkaian acara dan kegiatan Festival Dana Desa dan launching aplikasi desa digital ini diisi dengan Dana Desa Expo, launching aplikasi desa digital, hiburan dan berbagai lomba, serta pagelaran kesenian wayang kulit.

Dana Desa Expo menampilkan stand dari 19 desa di Kecamatan Karanganom. Dalam expo ini, setiap desa menampilkan produk dana desa, infografis APBDesa, inovasi, teknologi tepat guna (TTG) dan capaian dana desa.

Sedang pada launching aplikasi desa digital disampaikan roadmap 10 desa digital, simulasi aplikasi desa, dan sinkronisasi program menuju Klaten Smart City. Launching aplikasi desa digital ini merupakan program kerjasama dengan Diskominfo Klaten.

Di hiburan dan lomba diisi dengan lomba inovasi dana desa, lomba stand display dan content terbaik, lomba tari kreasi modern, pentas kesenian dan hiburan, serta pengumuman juara lomba K3 Desa Kunden.

Untuk pagelaran kesenian wayang kulit dalam rangka HUT ke 74 RI diadakan di halaman SDN Kunden dengan Dalang Ki Iptu Tri Harni Sugondo, Kapolsek Karanganom.

Bupati Klaten Sri Mulyani saat launching aplikasi desa digital menyampaikan, aplikasi desa digital ini memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik dengan aplikasi mobile seperti layanan administrasi kependudukan. Misalnya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte dan lainnya. Masyarakat juga bisa melakukan jual beli online karena ada e-comers.

“Dengan aplikasi desa digital ini maka setiap desa dapat mengenalkan potensi masing-masing desa. Sehingga secara otomatis mendukung program Pemkab Klaten dalam mewujudkan Klaten 100 smart city,” katanya.

Sedang Irfan, CEO Informa Studios yang merupakan mitra kerja Diskominfo Klaten menyatakan, peluncuran aplikasi Desa Inovatif lLancar Administrasi (Dilan) yang diterapkan di Kecamatan Karanganom ini diawali dengan penyajian data secara digital dari 19 desa.

“Dalam aplikasi ini kita sajikan beberapa fitur seperti data kependudukan, sistem informasi layanan publik, peta desa dalam bentuk bidang tanah, sistem informasi keuangan desa, dan lainnya. Apa yang ada dalam fitur ini tersaji semua,” ujarnya.  (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *