Saturday, 24 Aug 2019


500-an Penari Dari 6 Sanggar Tari Meriahkan Tari Massal Hari Jadi Klaten

Para penari dari Sanggar Tari Sekar Langit saat menampilkan kemampuan tarinya di Alun-Alun Klaten pada Sabtu (6/7/2019) pagi.

WartaKita.org – Rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke 215 Kabupaten Klaten diawali dengan pentas tari massal di  Alun-Alun Klaten pada Sabtu (6/7/2019) pagi.

Sekitar 500 penari dari enam sanggar tari di Kabupaten Klaten tampil memeriahkan pentas tari massal ini.

Para penari itu membawakan Tari Gambyong, Tari Widaninggar, Tari Lengger Solasih, Tari Dolanan Kenthongan, Tari Prajurit Bhayangkari, Tari Goyang-Goyang, Tari Luyung (Lurik Payung), Tari Jaranan, Tari Ledek Tembayatan, dan Tari Cangikan.

Sedang sanggar tari yang tampil yaitu Sanggar Tari Sri Rama, Janmoluhur (SMP Pangudi Luhur 1 Klaten), Sekar Langit, Sayuk Rukun, Kusuma Aji, Saraswati, serta dari Dinas Pariwiswata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Klaten dan Forum Silaturahmi Sanggar Tari Klaten (FSSTK).

Sementara untuk iringan tari dari Karawitan Anak Parikesit Paroki Wedi dan Compact Disk (CD).

Kepala Disparbudpora Kabupaten Klaten Pantoro dalam laporan menyampaikan, pentas tari massal ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 215 Kabupaten Klaten.

“Pentas tari massal ini dibawakan sekitar 500 anak dari enam sanggar tari di Kabupaten Klaten. Juga melibatkan penari dari perwakilan semua kecamatan di Kabupaten Klaten dan dari Forum Silaturahmi Sanggar Tari Klaten. Para penari membawakan 10 tarian,” katanya.

Sedang Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutan mengatakan, kegiatan tari massal ini sebagai wujud rasa syukur atas Hari Jadi ke 215 Kabupaten Klaten, serta untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah dan masyarakat.

“Pentas tari massal ini adalah bukti komitmen Pemerintah dalam mengangkat seni budaya dan menghibur masyarakat. Keberadaan seni tari di Kabupaten Klaten harus terus dijaga dan dilestarikan,” ujarnya.

Bupati Sri Mulyani menyatakan, di usianya yang ke 215 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten terus membangun dan berbenah. Pemkab Klaten terus berupaya untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Dan kalau ada sesuatu yang kurang akan segera dievaluasi.

“Pemerintah Kabupaten bersama seluruh masyarakat terus melakukan pembangunan agar dapat mewujudkan Kabupaten Klaten yang Bersinar, serta yang maju, mandiri, dan berdaya saing. Ini sesuai dengan tema Hari Jadi ke 215 Kabupaten Klaten yaitu Guyub rukun nyawiji ambangun Negari,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Forum Silaturahmi Sanggar Tari Klaten (FSSTK) Marta Endang mengungkapkan, tari massal ini dipersiapan hanya dalam beberapa hari. Para penarinya adalah anak dan remaja dari sejumlah SD, SMP, dan SMA/SMK.

Penonton sangat menikmati dan merasa terhibur dengan penampilan para penari. Penonton tetap setia menonton penampilan tari sampai akhir. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *