Saturday, 24 Aug 2019


443 Peserta Ikuti Seleksi OSN SMA Tingkat Kabupaten Klaten

Peserta serius mengerjakan mata uji seleksi OSN SMA, Rabu (28/2/2018).

Wartakita.org – Sebanyak 443 peserta dari 17 SMA Negeri dan swasta mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA tingkat Kabupaten Klaten yang diadakan di SMA Muhammadiyah 1 Klaten, Rabu (28/2/2018).

Seleksi OSN ini diselenggarakan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Klaten.

Ketua MKKS SMA Kabupaten Klaten yang juga Ketua panitia seleksi OSN SMA, Kawit Sudiyono menyampaikan, ada 9 mata uji yang dilombakan dalam seleksi OSN ini, yaitu Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Astronomi, Kebumian, Geografi, Ekonomi, dan Komputer.

“Peserta yang lolos seleksi OSN tingkat kabupaten ini akan mengikuti seleksi OSN tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang. Nantinya, bagi peserta yang lolos seleksi OSN tingkat provinsi akan dikirim untuk mengikuti OSN tingkat nasional,” katanya.

Kawit Sudiyono menjelaskan, dari seleksi OSN yang diadakan di kabupaten atau kota se Jawa Tengah itu nantinya akan diambil sebanyak 70 peserta terbaik per mata uji.

“Mereka kemudian akan dipanggil ke Semarang  untuk mengikuti seleksi OSN untuk tingkat nasional pada bulan April mendatang,” ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1 Klaten ini menambahkan, pada seleksi OSN sebelumnya, sebanyak 18 peserta dari Klaten berhasil mengikuti seleksi OSN di tingkat provinsi. Karenanya, untuk seleksi OSN kali ini, pihaknya berharap, peserta dari Klaten bisa menembus tingkat nasional.

“Selama ini, mata uji yang menjadi unggulan kita adalah Fisika, Kebumian, dan Ekonomi. Melalui kegiatan ini kita berharap, semoga hal ini bisa memotivasi siswa untuk terus meningkatkan prestasinya lebih baik lagi,” harapnya.

Sedang peserta seleksi OSN dari SMA Muhammadiyah 1 Klaten, Fafa Faizahtun Nafiza mengaku senang bisa mengikuti seleksi OSN tahun ini. Kali ini, Fafa mengikuti seleksi OSN untuk mata uji Matematika.

“Saya menyiapkan diri untuk mengikuti seleksi OSN ini selama dua minggu. Saya berharap, semoga bisa lolos seleksi OSN hingga tingkat nasional. Bahkan kalau bisa sampai olimpiade tingkat  internasional,” ucapnya. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *