Tuesday, 22 Sep 2020


26 Korlap Penyuluh KB Kecamatan Terima Sepeda Motor Operasional, Nasir: Klaten Berhasil Meraih 2.836 Akseptor KB

Bupati Klaten saat menyerahkan sepeda motor operasional untuk Korlap Penyuluh KB kecamatan, Selasa (30/6/2020).

WartaKita.org – Sebanyak 26 Koordinator Lapangan (Korlap) Penyuluh Keluarga Berencana (KB) Kecamatan se Kabupaten Klaten menerima sepeda motor operasional dari Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang KB tahun 2020.

Penyerahan sepeda motor operasional dilakukan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani di halaman Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Klaten, Selasa (30/6/2020).

Selain itu, Bupati Klaten juga menyerahkan dua unit laptop dan satu unit printer untuk pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di 26 Kecamatan.

Acara penyerahan sepeda motor untuk Korlap Penyuluh KB kecamatan dan laptop maupun printer untuk pendampingi PKH ini dihadiri Kepala Dinsos P3AKB Klaten Muhammad Nasir dan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah Martin Suanta.

Kepala Dinsos P3AKB Kabupaten Klaten Muhammad Nasir dalam laporan mengatakan, atas nama para Korlap Penyuluh KB kecamatan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada BKKBN Provinsi Jawa Tengah yang telah mengupayakan bantuan motor operasional untuk korlap penyuluh KB kecamatan yang pengadaannya dari dana Pemerintah Pusat.

Dan juga bantuan dua laptop dan satu printer untuk pendamping PKH kecamatan berasal dari APBD Kabupaten Klaten.

Muhammad Nasir menambahkan, pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020, Dinsos P3AKB Klaten telah mampu menyukseskan program inovasi pelayanan sejuta akseptor KB.

“Pada peringatan Harganas tahun ini, Dinsos P3AKB Klaten berhasil meraih 2.836 akseptor KB atau mencapai 181 persen. Ini berarti melebihi jumlah akseptor KB yang ditargetkan sebanyak 1.559 orang. Sedang jenis alat kontrasepsi KB yang dipakai warga antara lain IUD, implan, suntik, pil KB, tubektomi dan kondom,” katanya.

Sedang Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Martin Suanta pada kesempatan tersebut mengapresiasi Dinsos P3AKB Klaten yang pada Harganas tahun 2020 ini telah membantu pelaksanaan program nasional berupa pelayanan sejuta akseptor KB.

“Bantuan sepeda motor bagi Korlap Penyuluh KB kecamatan ini semoga dapat membantu penyuluh KB dalam melaksanakan tugas penyuluhan KB di wilayah. Sekaligus membantu memenuhi angka kredit kepegawaian agar tidak ada yang diberhentikan,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutan berharap, bantuan sepeda motor untuk operasional Korlap Penyuluh KB di 26 kecamatan di Klaten ini dapat bermanfaat dalam melaksanakan tugas penyuluhan KB di masa pandemi virus corona atau covid-19.

“Saya minta, para penyuluh KB di Klaten agar tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarganya. Dan semoga, penyuluh KB dapat menekan angka kelahiran saat pandemi virus corona ini,” harapya.

Sri Mulyani berpesan agar sepeda motor yang pengadaannya berasal dari Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang KB tahun 2020 ini selalu dirawat dan dijaga kebersihannya sehingga dapat awet.

“Begitu pula bantuan laptop dan printer bagi pendampingi PKH di kecamatan. Semoga dapat membantu PKH dalam pengelolaan data warga penerima PKH dan warga penerima bansos lainnya di setiap kecamatan,” pesannya. (L Sukamta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *