Sunday, 17 Nov 2019


2018, Setiap Desa Wajib Dirikan BUMDes

Rapat review dan penyusunan RPJMDes Kalitengah, Kamis (4/1/2018).

Wartakita.org – Pada tahun 2018 ini, semua desa di Kabupaten Klaten wajib mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pendirian BUMDes ini bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Pernyataan ini disampaikan Pendamping Desa Kecamatan Wedi, Eko Budiarto pada rapat Review (peninjauan kembali) dan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Kalitengah, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten di aula PKK desa setempat, Kamis (4/1/2018).

“Tahun ini, semua desa wajib mendirikan BUMDes. Ini karena belum semua desa di Kecamatan Wedi memiliki BUMDes. Baru ada sebagian saja yang sudah mendirikan BUMDes. Maka pada tahun ini, kita mendorong desa-desa (yang belum memiliki BUMDes) untuk segera mendirikan BUMDes,” katanya.

Eko Budiarto menyatakan, anggaran untuk pendirian BUMDes ini bisa dialokasikan dari Dana Desa. Anggaran ini untuk penyertaan modal. Soal besar kecilnya “modal” BUMDes bisa variatif. Artinya, tergantung dari kesiapan, rencana, dan potensi yang dimiliki desa.

“Untuk modal BUMDes, ya minimal Rp 50 juta. Kalau mau segera “eksis” ya sekitar Rp 200-300 Juta. Sebagai gambaran sederhana, modal yang sebesar Rp 50 juta itu bisa digunaan untuk membuat warung kelontong,” ujarnya.

Eko menambahkan, keberadaan BUMDes ini diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Sehingga juntrungnya, bisa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Dalam pendirian BUMDes ini, yang penting untuk diperhatikan adalah, tiga pengurus inti (BUMDes)-nya harus memiliki jiwa pedagang, jiwa sosial, dan mempunyai relasi yang luas. Mereka harus kreatif dan inovatif,” pesannya.

Terkait, Kepala Desa Kalitengah Hariyadi menyampaikan, pada tahun 2018 ini, desanya juga berencana mendirikan BUMdes.

“Kita sudah punya potensi desa yang bisa dikembangkan. Di antaranya, (mengelola) GOR Desa Kalitengah, Taman Bambu Senopati, Umbul Setuman, dan sebagainya,” ucapnya. (L Sukamta)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *