Tuesday, 19 Nov 2019


15 Perguruan Ikuti Festival Pencak Silat, Bupati Klaten Ajak Pesilat Jadi Pemersatu Bangsa

IPSI Klaten mengukuhkan Sri Mulyani menjadi anggota kehormatan sebagai pendekar, Minggu (6/10/2019).

WartaKita.org – Sebanyak 15 perguruan pencak silat mengikuti Festival dan Kejuaraan Pencak Silat Remaja Kabupaten Klaten tahun 2019 yang berlangsung di GOR Gelarsena Klaten, Minggu (6/10/2019).

Festival dan kejuaraan pencak silat remaja yang memperebutkan trophy Bupati Klaten ini mengusung tema “Melalui pencak silat kita wujudkan SDM (sumber daya manusia) Kabupaten Klaten yang maju, mandiri, dan berdaya saing.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Klaten M Nasir menyampaikan, Festival dan Kejuaraan Pencak Silat Remaja Kabupaten Klaten 2019 ini diikuti oleh 15 perguruan dari 18 perguruan pencak silat yang ada di Klaten.

Diantaranya Merpati Putih, Tapak Cuci, Insiba, Wasibatno, Setia Hati Teratai, Asad, Perisai Diri, Pagar Nusa, Hasta Manunggal, Kera Sakti, Lebah Putih, Cempaka Putih, Ki Ageng Pandan Alas, dan lainnya.

“Festival dan Kejuaraan Pencak Silat Remaja Kabupaten Klaten ini rutin diadakan setiap dua tahun sekali. Dan pada tahun 2019 ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga. Festival dan Kejuaraan Pencak Silat ini bertujuan untuk menjalin kesatuan dan persaudaraan antar perguruan yang ada di Klaten, dan untuk meningkatkan SDM dalam olahraga pencak silat di Klaten,” katanya.

Sedang Ketua Harian IPSI Provinsi Jawa Tengah Darmadi menyambut baik diadakannya Festival dan Kejuaraan Pencak Silat Remaja Kabupaten Klaten ini. Apalagi selama ini, atlit pencak silat dari Klaten mampu berprestasi baik di tingkat daerah, nasional, dan bahkan internasional.

“Saya berharap, atlit pencak silat Klaten tetap berprestasi, dan perguruannya selalu rukun. Kita perlu terus menjaga keberadaan pencak silat karena ini adalah budaya dan tradisi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, IPSI Klaten juga mengukuhkan Bupati Klaten Sri Mulyani menjadi anggota kehormatan sebagai pendekar IPSI Klaten. Karenanya IPSI Klaten berharap, Sri Mulyani mau mendukung dan dapat memajukan prestasi pencak silat, serta berkenan membuatkan padepokan pencak silat di Klaten.

Sementara itu Bupati Klaten Sri Mulyani mengajak para pesilat untuk serius berlatih sehingga dapat menorehkan prestasi yang membanggakan baik bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

“Namun yang lebih penting, para pesilat bisa menjadi pemersatu Kabupaten Klaten dan pemersatu bangsa Indonesia,” pesannya. (L Sukamta)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *